Tugas 1 : Dasar-dasar Perancangan Perangkat Lunak

1.     Jelaskan dengan dasar-dasar perancangan perangkat lunak!

Jawab :

 

Perancangan Perangkat Lunak merupakan proses penerjemahan dari kebutuhan menjadi perangkat lunak. Hasil dari perancangan adalah :

·       Rancangan data yang memetakan model domain informasi pada saat analisis menjadi struktur data yang dibutuhkan untuk implementasi perangkat lunak.

·       Rancangan arsitektural yang mendefinisikan hubungan dari komponen-komponen struktural utama dari program.

·       Rancangan prosedural yang memetakan komponen-komponen struktural ke deskripsi prosedur perangkat lunak

 

2.     Kegiatan apa saja yang dilakukan pada tahap perancangan perangkat lunak!

Jawab :

 

ABSTRACTION ( Wasserman ) 

·       Pada rancangan secara modular, beberapa tingkatan abstraksi dapat diperoleh, sehingga perancang dapat mengkonsen- trasikan pada setiap tingkatan abstraksi yang lebih terinci. 

·       Pada level paling tinggi, solusi dinyatakan secara global dengan bahasa pada lingkungan masalah. Dan pada abstraksi paling bawah, solusi dinyatakan dalam bahasa yang dapat langsung diimplementasikan.

MODULARITY & SOFTWARE ARCHITECTURE

·       Perangkat lunak dibagi atas beberapa modul.

·       Sebuah modul dapat dibagi lagi atas beberapa sub-modul

·       Modul memiliki nama yang unik.

·       Sebuah modul dapat memanggil modul lainya.

HIRARKI KONTROL ( STRUKTUR PROGRAM )

·       Menunjukkan organisasi dari modul-modul program dan menunjukan hirarki kontrolnya. Tidak merepresentasikan aspek prosedural dari perangkat lunak seperti urutan proses, keputusan, atau perulangan.

·       Kedalaman dan lebar menunjukkan jumlah tingkatan kontrol dan seluruh cakupan kontrol

·       Fan-out menunjukkan jumlah modul yang secara langsung dikontrol oleh modul lain

·       Fan-in menunjukkan jumlah modul yang mengontrol modul yang bersangkutan

·       Modul yang mengontrol modul yang lain disebut superordinate 6. Modul yang dikontrol modul yang lain disebut subordinate

FAN-OUT

·       Fan-out dari sebuah modul adalah banyaknya subordinate langsung dari modul tersebut

·       Perluasan kontrol dari sebuah modul sebaiknya tidak melebihi 7 + 2 ( kecuali pada pusat-pusat transaksi )

·       Hindarkan Fan-out yang bersifat main-line (satu boss, dengan modul-modul lain sebagai subordinate )

·       Sebuah modul dengan Fan-out yang banyak biasanya sukar dipelihara.

·       Untuk memecahkan fan-out yang banyak gunakan modul-modul antara

FAN-IN

·       Fan-in dari modul adalah banyaknya modul lain yang ( boss ) menggunakan/memanggil modul tersebut.

·       Jika mungkin Fan-in harus dilakukan sebanyak-banyaknya.

·       Fan-in yang banyak menghindari pengulangan pembuatan modul yang sama atau serupa

·       Fan-in yang banyak mempermudah pemeliharaan karena menempatkan suatu fungsi yang sama dalam satu modul

STRUKTUR DATA

Refresentasi lojikal dari hubungan antara elemen-elemen data.

PROSEDUR PERANGKAT LUNAK

Struktur program hanya mendefinisikan hirarki kontrol tanpa memperhatikan urutan proses. Prosedur perangkat lunak berfokus pada rincian proses dari setiap modul.

INFORMATION HIDING ( by Pamas )

Prinsip dasar dalam pembentukan modul dimana hanya data yang benar-benar perlu, yang dikenalkan dan dapat diakses oleh sebuah modul.

 

3.     Apa tujuan dari prosedur perangkat lunak? Jelaskan!

Jawab :

 

PROSEDUR PERANGKAT LUNAK, Struktur program hanya mendefinisikan hirarki kontrol tanpa memperhatikan urutan proses. Prosedur perangkat lunak berfokus pada rincian proses dari setiap modul.




Sumber klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QUIZ REKAYASA PERANGKAT LUNAK 2