Tugas 1 : Dasar-dasar Perancangan Perangkat Lunak
1.
Jelaskan dengan dasar-dasar perancangan perangkat lunak!
Jawab
:
Perancangan Perangkat Lunak merupakan
proses penerjemahan dari kebutuhan menjadi perangkat lunak. Hasil dari
perancangan adalah :
·
Rancangan data yang memetakan model domain
informasi pada saat analisis menjadi struktur data yang dibutuhkan untuk
implementasi perangkat lunak.
·
Rancangan arsitektural yang mendefinisikan
hubungan dari komponen-komponen struktural utama dari program.
·
Rancangan prosedural yang memetakan
komponen-komponen struktural ke deskripsi prosedur perangkat lunak
2.
Kegiatan apa saja yang dilakukan pada tahap perancangan
perangkat lunak!
Jawab
:
ABSTRACTION ( Wasserman )
·
Pada rancangan secara modular, beberapa
tingkatan abstraksi dapat diperoleh, sehingga perancang dapat mengkonsen-
trasikan pada setiap tingkatan abstraksi yang lebih terinci.
·
Pada level paling tinggi, solusi dinyatakan
secara global dengan bahasa pada lingkungan masalah. Dan pada abstraksi paling
bawah, solusi dinyatakan dalam bahasa yang dapat langsung diimplementasikan.
MODULARITY & SOFTWARE ARCHITECTURE
·
Perangkat lunak dibagi atas beberapa modul.
·
Sebuah modul dapat dibagi lagi atas beberapa
sub-modul
·
Modul memiliki nama yang unik.
·
Sebuah modul dapat memanggil modul lainya.
HIRARKI KONTROL ( STRUKTUR PROGRAM )
·
Menunjukkan organisasi dari modul-modul program
dan menunjukan hirarki kontrolnya. Tidak merepresentasikan aspek prosedural
dari perangkat lunak seperti urutan proses, keputusan, atau perulangan.
·
Kedalaman dan lebar menunjukkan jumlah tingkatan
kontrol dan seluruh cakupan kontrol
·
Fan-out menunjukkan jumlah modul yang secara
langsung dikontrol oleh modul lain
·
Fan-in menunjukkan jumlah modul yang mengontrol
modul yang bersangkutan
·
Modul yang mengontrol modul yang lain disebut
superordinate 6. Modul yang dikontrol modul yang lain disebut subordinate
FAN-OUT
·
Fan-out dari sebuah modul adalah banyaknya
subordinate langsung dari modul tersebut
·
Perluasan kontrol dari sebuah modul sebaiknya
tidak melebihi 7 + 2 ( kecuali pada pusat-pusat transaksi )
·
Hindarkan Fan-out yang bersifat main-line (satu
boss, dengan modul-modul lain sebagai subordinate )
·
Sebuah modul dengan Fan-out yang banyak biasanya
sukar dipelihara.
·
Untuk memecahkan fan-out yang banyak gunakan
modul-modul antara
FAN-IN
·
Fan-in dari modul adalah banyaknya modul lain
yang ( boss ) menggunakan/memanggil modul tersebut.
·
Jika mungkin Fan-in harus dilakukan
sebanyak-banyaknya.
·
Fan-in yang banyak menghindari pengulangan
pembuatan modul yang sama atau serupa
·
Fan-in yang banyak mempermudah pemeliharaan
karena menempatkan suatu fungsi yang sama dalam satu modul
STRUKTUR DATA
Refresentasi lojikal dari hubungan antara
elemen-elemen data.
PROSEDUR PERANGKAT LUNAK
Struktur program hanya mendefinisikan
hirarki kontrol tanpa memperhatikan urutan proses. Prosedur perangkat lunak
berfokus pada rincian proses dari setiap modul.
INFORMATION HIDING ( by Pamas )
Prinsip dasar dalam pembentukan modul dimana hanya data yang benar-benar perlu, yang dikenalkan dan dapat diakses oleh sebuah modul.
3.
Apa tujuan dari prosedur perangkat lunak? Jelaskan!
Jawab
:
PROSEDUR PERANGKAT
LUNAK, Struktur program hanya mendefinisikan hirarki kontrol tanpa memperhatikan
urutan proses. Prosedur perangkat lunak berfokus pada rincian proses dari
setiap modul.
Sumber klik disini
Komentar
Posting Komentar